General Information

About Software Engineering

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Jurusan ini disiplin teknologi yang menggabungkan konsep ilmu komputer, ekonomi, kemampuan komunikasi, dan ilmu manajemen dengan pendekatan pemecahan masalah dari teknik. Ini juga melibatkan pendekatan terstandar untuk aspek manajerial maupun teknisnya.

Fields Studied

Bidang yang akan dipelajari di Prodi Rekayasa Perangkat Lunak

perancang-design

Perancangan (design)
dan Arsitektur
Perangkat Lunak

pembuatan-perangkat-lunak

Pembuatan Perangkat Lunak
(Desktop, Mobile, Web, Game)

pengujian-penjaminan

Pengujian dan Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak

pemeliharaan-evolusi

Pemeliharaan dan Evolusi Perangkat Lunak

desain-uiux

Design User Interface dan User Experience (UI/UX)
Perangkat Lunak

manajemen-proyek

Manajemen Proyek Perangkat Lunak

manajemen-konfigurasi

Manajemen Konfigurasi
Perangkat Lunak

bidang-lainya

dan bidang-bidang pendukung lainnya.

icon border

History & Decree

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sudah ada sejak berdirinya Institut Teknologi Telkom Surabaya, berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi no. 733 / KPT / I / 2018.

Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak pada saat awal pendirian (tahun 2018) memiliki 8 orang dosen institusi. Saat ini 4 dosen telah memiliki jabatan fungsional (Asisten Ahli) dan semua dosen sudah memiliki sertifikat keahlian. Pada tahun 2018, jumlah mahasiswa aktif Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak sebanyak 9 mahasiswa. Pada Tahun 2019, jumlah mahsiswa aktif sebanyak 47 mahasiswa dan pada tahun 2020 jumlah mahasiswa aktif sebanyak 49 mahasiswa.

7

Lecture

105

Student

AKREDITASI BAIK

Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak Institut Teknologi Telkom Surabaya telah memenuhi syarat peringkat “Akreditasi Baik” melalui SK BAN-PT Nomor : 9919/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2021.
(download sertifikat)

Graduate Information

Gelar dan Profil Lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Gelar Sarjana

Setelah lulus dan menyelesaikan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer ( S.Kom )







Profil Lulusan

Profil lulusan dari program studi Rekayasa Perangkat Lunak Diantaranya adalah Tenaga Profesional yang menguasai pengetahuan tentang Rekayasa Perangkat Lunak dan standar keterampilan, yang berkompeten dalam kemampuan teknis serta yang mampu merancang solusi tepat



Learning Outcomes

Lulusan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak akan memiliki kemampuan berikut setelah mengikuti program sarjana ini :

SikapPengetahuanKeterampilan UmumKeterampilan Khusus
  1. Mampu menunjuka sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, agama moral dan etika.
  3. Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Mampu berkontribusi dalam pengingkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila. 
  5. Mampu bekerja sama dan menunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Mampu menunjukkan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Mampu menunjukkan ketaatan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Mampu menunjukkan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  10. Mampu menunjukkan internalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Menjelaskan konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
  2. Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah.
  3. Menjelaskan dasar, terminologi dan teknik-teknik pada pengujian software.
  4. Menjelaskan software quality concepts and culture, process assurance, product assurance.
  5. Menjelaskan konsep security serta menerapkan berbagai teknik untuk membangun secure software.
  6. Memahami abstraksi dari eksekusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
  7. Menjelaskan prinsip dasar sistem jaringan komputer.
  8. Menjelaskan konsep keamanan pada jaringan komputer
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan   melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Menerapkan berbagai jenis algoritma (termasuk struktur data) dan kompleksitas berbagai algoritma.
  2. Membuat algoritma yang efisien untuk penyelesaian sebuah persoalan tertentu  yang diimplementasikan dengan bahasa pemrograman.
  3. Menggunakan berbagai teknologi dan tools untuk berbagai bahasa dan paradigma pemrograman (software construction).
  4. Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumber daya komputasi yang tersedia dengan efisien.
  5. Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
  6. Memahami dan menerapkan berbagai paradigma pemrograman.
  7. Menjelaskan dan menerapkan dasar engineering termasuk engineering  economics untuk pembangunan software.
  8. Merancang, mengimplementasi, menguji, dan men-debug sebuah program sederhana.
  9. Menjelaskan dan menerapkan berbagai tipe pemodelan dalam pembangunan software dan mengevaluasi model yang diterapkan tersebut.
  10. Menjelaskan dan menerapkan berbagai teknik dalam tahap analisis software requirement serta memilih teknik pada analisis software requirement yang paling sesuai dengan batasan situasi yang dihadapi.
  11. Menjelaskan dan menerapkan berbagai teori, teknik, teknologi, tools software design (design concept, design strategies, architectural design, human computer interaction design, detailed design and design evaluation) serta memilih teknik-teknologi-tools pada software design yang paling sesuai dengan batasan situasi yang dihadapi.
  12. Membangun software dalam berbagai skala kompleksitas (kecil, menengah dan besar), berbagai domain dan berbagai platform (web, game, mobile) dengan menggunakan pendekatan software engineering yang sesuai serta memperhatikan aspek etika, sosial, legal, keamanan dan ekonomi.
  13. Menggunakan teknologi dan tools terkini dalam perancangan software dan pelaksanaan proyek pembangunan software.
  14. Menerapkan berbagai strategi dan teknik pengujian software termasuk membuat dokumen serta melakukan review hasil pengujian.
  15. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
  16. Menerapkan ilmu probabilitas dan statistik dalam berbagai tahap pada proses pengembangan perangkat lunak.
  17. Menjelaskan dan menerapkan berbagai konsep, teknik, teknologi, tools untuk proyek pembangunan software serta memilih teknik-teknologi-tools yang paling sesuai dengan batasan situasi yang dihadapi.
  18. Mendemonstrasikan kemampuan untuk mempelajari teknik, teknologi dan tools baru pada bidang rekayasa perangkat lunak sebagai dasar kemampuan life long learning.

Kekhasan

Pengembangan Software Dengan Sistem Cerdas Untuk Aplikasi Di Bidang Maritim, Transportasi Dan Logistik

Open chat
Mau Tanya? Silahkan
Hai, Kak...
Ada yang bisa kami bantu?