Preaload Image

Sambutan Ketua Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak merupakan program studi Sarjana di bawah Fakultas Teknologi Informasi dan Industri di Institut Teknologi Telkom Surabaya. Prodi RPL ini berdiri bersamaan dengan pendirian Institusi yang mulai beroperasi setelah mendapatkan ijin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 4 September 2018 melalui SK Kemenristekdikti RI Nomor 733/KPT/I/2018.

Program studi RPL ini memang masih sangat baru di kalangan program studi lainnya yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi di berbagai perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. Ranah keilmuan Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) merupakan percabangan dari Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika yang secara spesifik mempelajari Software, mulai dari perencanaannya, pemodelannya, pembangunannya, penerapannya, pengujiannya hingga perawatannya. Program Studi S1 RPL sudah diakui dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Ilmu Informatika dan Komputer yang dikeluarkan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Lahirnya prodi RPL di Era Revolusi Industri 4.0 ini mempunyai keuntungan karena Revolusi Industri 4.0 yang berbasis internet sangat berkaitan erat dengan Software yang menjadi ranah keilmuan RPL. Sehingga masih memiliki peluang yang besar untuk bersaing dengan prodi-prodi informatika dan komputer. Perkembangan gawai (gadget) akhir-akhir ini yang begitu pesat. Seperti Komputer yang semakin meningkat kemampuan processornya, smartphone yang semakin tinggi spesifikasinya tentunya memerluan pengembangan perangkat lunak (software) yang lebih tinggi. Hal itul yang membuat industri software semakin berkembang lebih besar dan cepat. Perusahaan teknologi berbasis software seperti Google, Facebook, dan sebagainya bahkan menjadi perusahaan raksasa di antara industri software lainnya. Disitulah peran penting prodi RPL yang akan menyediakan lulusan mahasiswa yang memiliki kompetensi yang cukup untuk berkarya di industri software.

Dalam rangka memperkenalkan dan memberikan informasi yang lengkap mengenai Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) kepada masyarakat umum, maka website ini diharapkan mampu dijadikan referensi.

 

Ketua Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

 

Fidi Wincoko Putro, S.ST., M.Kom.